Sunan Giri, Kisah Sunan Giri Dalam Walisongo

Sunan Giri - Kisah Sunan giri merupakan salah satu ulama yang tergabung dari walisongo, beliau juga merupakan ulama senior yang sangat berperan penting dalam penyebaran agama islam di jawa. Sunan giri juga membangun sebuah pusat keagamaan islam yang bernama Giri Kedaton yang kelak pengaruhnya menyebar hingga wilayah timur Indonesia seperti bali, lombok dan maluku.

Sunan giri memiliki banyak sekali nama panggilan seperti raden paku, prabu satmata, joko samudro dan ainul yaqin diketahui sunan giri lahir di blambangan pada tahun 1442 dan wafat di desa kebomas, gresik. Dalam beberapa riwayat diterangkan bahwa sunan giri memiliki silsilah dengan Nabi Muhammad dan sunan giri juga dikatakan bukan orang jawa asli merupakan seorang imigran dari timur tengah.

kisah-dan-cerita-sunan-giriDalam versi lain sunan giri dibuang ke selat bali karena memang adanya masalah konflik segitiga beberapa patih yang sempat ingin melamar dewi sekardadu tidak rela jika sunan giri lahir maka oleh sebab itulah beberapa patih tersebut mengambil sunan giri lalu dihanyutkan ke selat bali.

Namun ketika sunan giri hanyut di selat bali kemudian ada pelaut yang menemukan diirnya, pelaut tersebut bernama sabar dan sobir lalu dibawa ke gresik dan diasuh oleh seorang saudagar perempuan bernama nyai gede pinatih, karena ia ditemukan terhampar dilaut maka ia dinamakan sebagai joko samudro.

Ketika dirinya tumbuh menjadi orang dewasa sunan giri disuruh oleh ibu angkatnya untuk belajar agama islam ke ampeldenta di Surabaya, kemudian ia berguru kepada sunan ampel setelah sunan ampel mengetahui bahwa sunan giri bukanlah orang sembarangan maka dirinya mengutus sunan giri dan juga sunan bonang untuk memperdalam ilmu agama ke pasai, sunan bonang dan sunan giri merupakan murid kesayangan dari sunan ampel.

Setelah berguru ke pasai dan selesai menempuh pendidikan di ampeldenta kemudian sunan giri mendirikan pusat keagamaannya sendiri yang bernama giri kedaton tempat ini terletak disebuah perbukitan sidomukti, dalam bahasa jawa giri berarti gunung/bukit oleh sebab itulah beliau dijuluki sebagai sunan giri karena mendirikan sebuah pondok pesantren disebuah perbuktian.

Beberapa hasil karya sunan giri yang ia sebarkan melalui dakwahnya adalah kesenian tradisional seperti jelungan dan cublak suweng, serta beberapa lagu yang memiliki instrumental jawa seperti Asmaradana dan pucung dan hingga saat ini hasil karya sunan giri masih dipakai dalam beberapa festival kesenian daerah di jawa.

...
Sunan Giri, Kisah Sunan Giri Dalam Walisongo | EC Team | 4.5