Kisah Si Pitung Robin Hood Dari Betawi

450 views

Kisah Si Pitung - Pitung merupakan salah satu tokoh legenda dari tanah betawi, si pitung sering disebut sebagai robin hood Indonesia karena kelakuannya yang suka merampok juragan tanah dan saudagar kaya lalu membagikan hasil rampokannya kepada orang-orang miskin didaerahnya, pitung lahir dari kedua orang tuanya yang bernama pinah dan piung rumah kediamannya pada saat itu terletak di Pangumben, Rawa Belong, Jakarta Barat.

Nama asli si pitung adalah salihun namun dirubah oleh warga sekitar menjadi pitulung dalam bahasa sunda yang artinya adalah suka menolong, pitung sudah lama menempuh pendidikan di pondok pesantren yang diasuh oleh haji naipin yang tidak lain adalah gurunya sendiri, pitung banyak belajar berbagai macam ilmu kanuragan dari gurunya tersebut termasuk ilmu rawa rontek.

si-pitungPitung yang sering melakukan perampokan terhadap saudagar kaya yang dilindungi oleh pemerintah belanda pada saat itu menjadikan dirinya sebagai buruan dari para tentara belanda, nama pitung termasuk kedalam list dari daftar buronan yang harus belanda tangkap sebab aksi sering kali membuat repot dan membuat gagal rencana-rencana kolonial belanda dalam menerapkan monopoli ekonomi.

Komanda polisi yang pada saat itu ditugaskan oleh pemerintah belanda untuk menangkap si pitung adalah komisaris polisi Van Hayne, hayne sangat berambisi untuk menangkap si pitung baik hidup ataupun mati. Hayne telah berusaha untuk memburu si pitung dengan berbagai macam cara akan tetapi si pitung dapat lolos dari para kompeni belanda tersebut.

Bahkan berbagai serangan yang membabi buta telah dilancarkan oleh hayne untuk menangkap pitung akan tetapi tetap saja usaha dari hayne tersebut tidak membuahkan hasil bahkan hayne sendiri merasa binggung mengapa seorang pitung dapat lolos dari sergapan bala tentaranya yang memiliki persenjataan lengkap.

Baca Juga :   Misteri Tatanan Dunia Baru Proyek 'New World Order'

Akhirnya setelah melakukan penyelidikan hayne mengetahui bahwa pitung memiliki sebuah ilmu kanuragan yaitu ilmu rawa rontek yang membuat dirinya menjadi kebal dan tahan berbagai macam senjata baik tumpul ataupun tajam, akhirnya hayne berusaha untuk mengetahui titik kelemahan dari si pitung tersebut.

Hayne berusaha mengumpulkan orang-orang yang dekat dengan pitung termasuk gurunya sendiri yaitu haji naipin, hayne menanyakan kepada mereka semua tentang kelemahan si pitung ini akan tetapi tidak ada satupun dari mereka yang mau membocorkan tentang rahasia kelemahan si pitung karena memang pitung sangat dihormati oleh masyarakat karena sering menolong.

Kesal karena tidak mendapatkan jawaban akhirnya hayne mengancam mereka semua jika mereka tetap tidak mau memberitahu tentang kelemahan si pitung setelah merasa terdesak haji hayne yang tidak lain adalah guru si pitung membocorkan rahasia kelemahan si pitung bahwa si pitung memiliki jimat yang mampu membuat dirinya kebal akan tetapi versi lain menyebutkan bahwa si pitung memiliki kelemahan jika ia ditembak menggunakan peluru emas.

Orang yang berkata bahwa kelemahan pitung adalah dengan menggunakan peluru emas merupakan sahabatnya sendiri bahwa ia satu perguruan dengan pitung, akhirnya setelah mendapatkan informasi tersebut hayne dan pasukannya langsung mencari keberadaan pitung mereka menemukan pitung di daerah kampung bambu, tanjung priuk seketika itulah kisah kesaktian dan riwayat hidup pitung berakhir, ia ditembak oleh belanda menggunakan peluru emas.

Setelah ditembak pihak kepolisian belanda langsung membagi tubuh pitung menjadi beberapa bagian hal ini dilakukan agar ilmu rawa rontek pitung tidak dapat bekerja jika bagian tubuh si pitung tidak dipisah maka ia bisa hidup dan menyatu kembali.

Oleh karena sebab itulah hingga sampai saat ini keberadaan makam dari jawara betawi ini belum bisa dipastikan secara benar letak dan lokasi sebenarnya, ada yang mengatakan bahwa pitung dimakamkan didaerah rawa belong sesuai dengan tempat kelahirannya ada juga yang mengatakan pitung dimakamkan di daerah depok dan ada juga versi lain yang menyebutkan makam pitung berada didekat rumah si pitung yang berlokasi di Marunda, Kabupaten Bekasi.

Baca Juga :   Sunan Giri, Kisah Sunan Giri Dalam Walisongo

Incoming search terms:

Tags: #Indonesia #Sejarah #Tokoh

Leave a reply "Kisah Si Pitung Robin Hood Dari Betawi"

Author: 
    author
    Hallo, dapatkan tulisan seputar kata kata bijak, kata mutiara dan kumpulan ucapan terbaru disini, gratis setiap harinya jangan sampai ketinggalan.