Misteri Kutukan Roro Jonggrang

Misteri Kutukan Roro Jonggrang - Legenda roro jonggrang merupakan cerita rakyat yang telah dipercayai oleh sebagian besar masyarakat jawa, dalam kisah ini diceritakan bahwa ada seorang pangeran yang bernama bandung bondowoso jatuh cinta kepada salah stau putri kerajaan boko yang bernama roro jonggrang. Roro jonggrang sendiri dikenal sebagai ratu yang cantik dan menawan tak heran jika ada banyak sekali bangsawan yang mencintainya.

Banyak orang mempercayai bahwa roro jonggrang ini adalah jelmaan dari dewi durga yang tidak lain adalah isteri dari dewa siwa dan berkat cerita inilah konon candi prambanan, candi sewu dan situs ratu boko tercipta secara ajaib dalam satu malah saja.

Bondowoso yang sakti mandraguna menyanggupi permintaan dari roro jonggrang tersebut untuk membangun candi mewah hanya dalam satu malam saja sebelum matahari dan ayam berkokok agar bisa melamar dan menikahi sang putri, roro jonggrang menilai tidak mungkin ada orang yang bisa menuruti permintaannya yang terkesan aneh tersebut.

cerita-kutukan-roro-jonggrangAkan tetapi bondowoso bukanlah orang sembarangan ia mengeluarkan seluruh kesaktiannya dengan memerintahkan banyak sekali jin dan pasukan gaibnya untuk membangun candi dalam satu malam sesuai apa yang diminta oleh roro jonggrang pengerjaan candi pun dimulai semua jin dan pasukan gaib yang diperintahkan oleh bondowoso mulai mengerjakan pembangunan sumur dan candi tersebut.

Sumur yang dibangun oleh bondowoso telah selesai terlebih dahulu namun roro jonggrang bertindak usil dengan menyuruh gupala untuk menimbun dan menutup bondowoso yang berada didalam sumur tersebut akan tetapi kemarahan bondowoso sirna karena melihat kecantikan dari sang ratu.

Ketika bondowoso berhasil membangun candi sebanyak 999 buah dan hanya tersisa satu lagi roro jonggrang yang tidak mau usaha dari pangeran berhasil kemudian menyuruh para dayang dan pasukan kerajaan untuk menabuh padi serta memerintahkan warga desa agar membakar jerami dari arah timur yang mengambarkan bahwa seolah-olah matahari sudah terbit dan seketika itulah jin yang diperintahkan oleh bondowoso lari karena takut oleh cahaya matahari.

Setelah mengatahi bahwa hal tersebut adalah ulah usil dan curang dari roro jonggrang bondowo kemudian menjadi murka dan mengutuk sang putri menjadi batu untuk melengkapi sisa bangunan candi yang kurang oleh sebab itulah arca roro jonggrang ini sering disebut sebagai bangunan candi terkahir berdasarkan mitos dan cerita rakyat yang beredar selama ini.

Akibat dari kisah ini sekarang muncul mitos bahwa siapa saja yang bermain ke candi prambanan atau candi sewu maka akan mendapatkan mala petaka yaitu sulit jodoh dan jika ada pasangan kekasih yang berkunjung ke prambanan maka hubungannya tidak akan langgeng dan akan berpisah ditengah jalan itulah cerita yang beredar pada masyarakat saat ini.

Akan tetapi kebenaran dari kutukan tersebut masih dipertanyakan hingga saat ini sebab banyak juga orang yang mengadakan pesta pernikahan atau foto pre wdding diarea kompleks candi prambanan dan sewu belum lagi ada banyak pasangan kekasih yang berkunjung ke prambanan hanya untuk melakukan foto selfie saja namun tidak terjadi apa-apa didalam hubungan mereka.

Mungkin cerita ini hanyalah bagian dari seni sejarah dan warisan leluhur nusantara soal benar atau tidaknya itu urusan Tuhan yang maha kuasa tugas kita adalah menjaga adat dan tradisi leluhur yang kini semakin hilang tertelan oleh zama yang semakin modern.

...
Misteri Kutukan Roro Jonggrang | EC Team | 4.5