Kisah Tragedi Bintaro Kecelakaan Kereta Api Terdahsyat Di Indonesia

Kisah Tragedi Bintaro - Tragedi bintaro merupakan sebuah peristiwa kecelakaan luar biasa dalam sejarah Indonesia, dalam tragedi bintaro ini diceritakan ada lebih dari 150 orang yang tewas dalam kecelakaan tersebut. Kecelakaan tragis tersebut berlokasi di daerah pondok betung, Bintaro, Jakarta Selatan pada tanggal 19 oktober 1987 yang melibatkan 2 kereta api yang berjalan berlawanan arah dalam satu rel kereta api.

Peristiwa tersebut bermula dari perintah kepala stasiun serpong yang memberangkatkan KA 225 menuju stasiun sudimara tanpa mengecek terlebih dahulu jumlah kereta api yang sedang berada di stasiun sudimara, sehingga pada saat itu KA 225 relasi rangkasbitung - jakarta kota  tiba di stasiun sudimara yang sudah penuh dengan kereta lainnya, KA 225 tiba pukul 06.45.

kisah-tragedi-bintaroHarusnya KA 225 masih menunggu bersilang dengan KA 220 di stasiun kebayoran yang hendak melanjutkan perjalanannya ke merak jadi seharusnya KA 220 masih menunggu silang dengan KA 225 di stasiun kebayoran akan tetapi pihak stasiun kebayoran tidak mau menunggu silang dengan KA 225 dan akhirnya KA 220 diberangkatkan dari stasiun kebayoran.

Mendengar kabar seperti itu lantas pihak stasiun sudimara memerintahkan KA 225 untuk berpindah jalur agar KA 220 bisa masuk ke stasiun sudimara, akan tetapi masalah muncul ketika terjadi miskomunikasi antara juru langsir dan masinis KA 225, ketika juru langsir memberikan semboyan untuk melakukan langsir ke jalur 3 masinis KA 225 malah bertanya kepada penumpang yang pada saat itu menyesaki badan lokomotif dan menutupi kaca lokomotif, masinis bertanya kepada penumpang, gimana berangkat ? lalu penumpang menjawab "berangkat".

Kemudian masinis KA 225 membunyikan semboyan 35 yang menandakan kereta akan segera berangkat, melihat bunyi semboyan 35 dari KA 225 tersebut pihak stasiun sudimara terkejut dan merasa khawatir. Beberapa upaya untuk mencegah kecelakaan juga telah dilakukan seperti memberi bendera merah tanpa bahwa sinyal tidak aman dan juga mengejar kereta tersebut menggunakan motor namun tetap tidak terkejar.

Baca Juga :   Kisah Sunan Drajat Dalam Sejarah Walisongo

Upaya untuk mengerakan sinyal juga telah dilakukan, bahkan instruksi untuk memberikan sinyal genta kepada petugas pintu kereta pondok betung juga sudah dilakukan namun tragis petugas perlintasan tidak mengerti sinyal genta darurat.

Kedua kereta KA 225 dan KA 220 berjalan dengan kecepatan sekitar 25 km dari arah yang berlawanan di dalam 1 jalur, akhirnya ketika hendak sampai ditikungan yang berbentuk S keduanya terlibat tabrakan hebat. Lokomotif BB 203 16 dan BB 206 16 mengalami rusak yang sangat parah pada saat itu tercapat lebih dari 150 orang meninggal dunia pada peristiwa tersebut.

Setelah terjadi peristiwa ini kemudian diadakan penyelidikan dan ditetapkan bahwa masinis KA 225 lalai dalam menjalankan tugas karena tidak memperhatikan semboyanan diberikan sehingga diganjar hukuman 5 tahun kurungan, beberapa pihak yang bertanggung jawab atas peristiwa ini juga diberikan hukuman.

Atas terjadinya tragedi bintaro ini kemudian banyak musisi dan seniman yang membuatkan sebuah lagu dan film, salah satu lagu yang paling terkenal akan tragedi ini adalah 1910 karya iwan fals dan beberapa film karya seniman lainnya yang mengisahkan tentang tragedi bintaro ini, peritiwa tragedi bintaro ini ditetapkan sebagai kejadian luar biasa 'KLB' dalam kecelakaan kereta api di Indonesia.

Incoming search terms:

Tags: #Indonesia #Sejarah

Leave a reply "Kisah Tragedi Bintaro Kecelakaan Kereta Api Terdahsyat Di Indonesia"

Author: 
    author
    Hallo, dapatkan tulisan seputar kata kata bijak, kata mutiara dan kumpulan ucapan terbaru disini, gratis setiap harinya jangan sampai ketinggalan.