Kisah Legenda Jaka Tingkir

355 views

Kisah Legenda Jaka Tingkir - Mas karebet atau yang biasa disebut jaka tingkir ini menjadi salah satu tokoh legenda dalam masyarakat Indonesia terutama masyarakat jawa pada umumnya. Diceritakan bahwa jaka tingkir merupakan anak dari seorang penguasa desa dukuh di boyolali bernama Ki Ageng Pengging ia terlahir menjadi anak yang memiliki kemampuan luar biasa akan tetapi kehidupan pribadinya sangat sederhana dan dikenal sangat dermawan.

Jaka tingkir merupakan murid dari sunan kalijaga sudah banyak ilmu yang diajarkan oleh sunan kalijaga terhadap dirinya sehingga membuat kemampuan spiritualnya terus menerus bertambah menjadi luar biasa bahkan ia juga sangat suka untuk bertapa oleh sebab itulah ia dijuliki sebagai jaka tingkir, berdasarkan kisah dan cerita yang disampaikan oleh naskah babad tanah jawi jaka tingkir sangat ingin mengabdikan dirinya ke demak.

jaka-tingkir

Kemudian jaka tingkir diangkat menjadi petugas kebersihan masjid dan tinggal dirumah salah seorang ulama bernama kyai gandamustaka, semenjak ia bekerja di kesultanan demak dirinya mampu memikat perhatian para petinggi kesultanan termasuk raja demak yaitu trenggana jaka tingkir dilirik oleh petinggi istana karena kemampuannya yang sangat luar biasa bahkan ia diangkat drajatnya menjadi kepala prajurit kesultanan demak oleh raja trenggana.

Mulai dari sinilah ia menjadi kepercayaan raja demak untuk merekrut dan menyeleksi para pendekar yang ingin mengabdikan dirinya kepada kesultanan demak, ada seorang pendekar yang ingin melamar menjadi prajurit demak namun sikapnya sangat sombong dan angkuh dia bernama dadung awuk seketika itulah jaka tingkir ingin menguji kemampuannya berbekal dengan menggunakan ajian sadak kinang dadung awuk malah mati terbunuh oleh jaka tingkir.

Sejak itulah nama jaka tingkir menjadi buruk dimata kesultanan demak dan akhirnya pihak kesultanan memecat dan mengusir jaka tingkir dari demak, jaka tingkir kemudian menjadi pengelana dan mengasingkan diri serta ia menemui guru baru yaitu Ki Ageng Banyubiru.

Baca Juga :   Kisah Sunan Gunung Jati Dalam Sejarah Walisongo

Dalam perjalanannya jaka tingkir mendapatkan sebuah musibah ia harus melawan siluman buaya putih sendirian namun dengan kesaktian yang ia miliki ia mampu mengalahkan dan memotong lidah dari buaya putih tersebut dan inilah yang menjadi mitos bahwa buaya tidak memiliki lidah karena lidahnya sudah dipotong oleh jaka tingkir.

Demi mendapatkan jabatan dan simpati raja demak kembali, jaka tingkir menggunakan siasat cerdasnya yaitu dengan mengirimkan seekor kerbau gila yang sudah ia beri mantra terlebih dahulu kerbau tersebut mengamuk didepan kesultanan demak namun tidak ada berhasil menjinakan kerbau gila tersebut akhirnya jaka tingkir tampil sebagai pahlawan dengan mengusir kerbau itu keluar dari wilayah kesultanan demak dan jaka tingkir kembali mendapat kepercayaan dari raja trenggana sebagai kepala desa wiratama yang merupakan bagian dari wilayah kekuasan demak.

Karir dan prestasi jaka tingkir semakin menjadi cemerlang walaupun babad tanah jawi tidak menjelaskan secara rinci ia berhasil menjadi adipati dari kerjaan pajang dan ia menikahi putri dari trenggana yang bernama ratu mas cempaka. Setelah trenggana wafat harusnya prawoto yang naik menjadi raja baru bagi demak namun ia wafat setelah dibunuh oleh arya penagsang karena alasan balas dendam.

Jaka tingkir kemudian mengadakan sayembara bagi siapa yang berhasil menangkap arya penangsang maka ia akan diberikan wilayah pati dan seperempat wilayah mataram akhirnya yang berhasil tampil sebagai pemenang adalah sutawijaya setelah berhasil melesatkan tombak kyai plered ke arya penangsang.

Sejak itulah muncul wilayah dan kerjaan kecil yang baru dan semuanya dipusatkan kepada kerjaan pajang jaka tingkir menjadi raja pertama kerjaan pajang selang beberapa tahun kerajaan itu mulai mendapatkan serangan dari kerjaan lainnya dan akhirnya kesultanan pajang hancur lebur karena diserang oleh kesultanan mataram islam dibawah pimpinan sutawijaya yang memberontak.

Baca Juga :   Cerita Rakyat Timun Mas

Kisah jaka tingkir yang diambil berdasarkan babad tanah jawi rupanya kurang sesuai dengan sinema yang pernah tayang ditelevisi, jika menggunakan versi sinema yang pernah tanyang di televisi diceritakan bahwa jaka tingkir adalah murid sunan kalijaga yang mempunyai sahabat dekat bernama dadung awuk serta memiliki musuh yang sangat tangguh yaitu arya baja geni yang tidak lain adalah murid dari syekh siti jenar.

 

Incoming search terms:

Tags: #Indonesia #Nusantara #Sastra #Sejarah

Leave a reply "Kisah Legenda Jaka Tingkir"

Author: 
    author
    Hallo, dapatkan tulisan seputar kata kata bijak, kata mutiara dan kumpulan ucapan terbaru disini, gratis setiap harinya jangan sampai ketinggalan.