Kisah Dan Cerita Raden Kian Santang

479 views

Kisah Dan Cerita Raden Kian Santang - Raden kian santang merupakan seorang pewaris tahta kerajaan padjajaran ia adalah anak dari prabu siliwangi dan ratu subang larang kian santang memiliki 3 orang kakak yaitu rara santang, walangsungsang dan surawisesa akan tetapi surawisesa adalah kakak tirinya dari istri kedua prabu siliwangi yaitu ratu kentring manik.

Raden kian santang beragama islam dan ia adalah murid dari salah seorang ulama padjajaran syekh nur jati walaupun kian santang dan siliwangi namun hubungan antara anak dan ayah tetap terjalin dengan sangat baik bahkan prabu siliwangi tidak pernah melarang anaknya menyebarkan agama islam di tanah pasundan pada masa itu, raden kian santang merupakan anak yang sangat berbakti kepada kedua orang tuanya bahkan kepada ibu tirinya juga ia bersikap sangat ramah dirinya juga memiliki kekuatan yang sangat tinggi bisa merubah dirinya menjadi orang dewasa ataupun anak-anak.

Maka tak khayal banyak warga padjajaran yang menyukai dirinya dan berharap kelak dialah yang menjadi raja padjajaran menggantikan siliwangi, berdasarkan banyak referensi terdapat berbedaan antara cerita rakyat dan tayangan yang ada di televisi. Jika cerita rakyat mengatakan bahwa kian santang adalah pewaris tahta padjajaran namun versi televisi malah menyatakan bahwa raden surawisesalah yang menjadi raja padjajaran menggantikan ayahnya siliwangi.

ilstrasi-kian-santang

Selama ia tumbuh dan dibersarkan dalam lingkungan istana padjajaran banyak orang dan pendekar yang ingin sekali mencelakai dirinya agar kelak ia tidak bisa menjadi raja padjajaran yang selanjutnya, musuh utama dari kian santang adalah senopati argadana yang tidak lain adalah pungawa tinggi kerajaan padjajaran saat itu. Argadana sangat terobsesi untuk menguasai dan memimpin padjajaran akan tetapi dirinya memang tidak memiliki trah atau turunan dari seorang raja padjajaran jadi hal itu tidak mungkin terjadi.

Baca Juga :   Cerita Seram Di Rumah Sakit Paling Menakutkan

Senopati arga memiliki banyak sekali trik licik untuk menghalangi kian santang dan menjatuhkan siliwangi dari kursi kerajaan salah satu upaya yang dilakukan argadana adalah dengan meracuni beberapa orang penting didalam istana dengan maksud untuk mengurangi beberapa tokoh penting didalam kerjaan selain itu dia juga berusaha mencuri senjata pusaka yang dimiliki oleh padjajaran seperti kujang kembar dan keris ciungwanara.

Usaha dari senopati argadana untuk menghalagi dan mencelakai kian santang tersebut sempat membuahkan hasil ketika dirinya meminta salah seorang empu untuk membuat pusaka kujang hitam akan tetapi siliwangi terus melindungi kian santang yang justru malah mencelakai dirinya sendiri.

Setelah tumbuh menjadi orang dewasa kian santang diberikan kepercayaan untuk mengendalikan serta mengatur beberapa bagian penting istana padjajaran ia tidak sendirian melakukan hal itu ada 2 orang yang membantu dirinya yaitu maung bodas dan munding bodas keduanya adalah sahabat dekat sekaligus siluman peliharaan prabu siliwangi.

Konon kesaktian dari prabu kian santang ini belum ada yang bisa menandingi diseluruh penjuru nusantara bahkan ayahnya sendiri mengundang banyak sekali ahli sihir, pendekar bayaran dan beberapa ahli pusaka untuk menguji seberapa besar kekuatan dari anaknya tersebut namun tidak ada yang mampu membuktikan hal tersebut.

Setelah dewasa dan menjadi raja padjajaran yang baru menggantikan prabu siliwangi ia memimpin padjajaran dengan sangat bijaksana tidak ada lagi konflik, tidak ada lagi permusuhan semua rakyat hidup dengan subur dan makmur seluruh lahan pertanian yang ada diwilayah padjajaran tumbuh subur dan mampu menghidupi semua warga padjajaran pada masa itu.

Raden kian santang juga pernah dipertemukan oleh syaiddina ali didalam mimpinya, syaiddina ali mengatakan bahwa kian santang disuruh untuk menjaga tongkatnya dari orang-orang yang berusaha mencuri jika ia berhasil maka tongkat dari syaiddina ali tersebut boleh ia miliki.

Baca Juga :   Kata Kata Bijak Umar Bin Khattab

Setelah mendapatkan pentuk itu raden kian santang memulai perjalanannya ke mekka untuk melakukan ibadah haji, sebagai seorang muslim kian santang mengaja beberapa keluarganya seperti ibu, kakak dan beberapa kyai yang beragama islam cerita lain menyebutkan bahwa kian santang juga selalu berusaha untuk mengislamkan ayahnya yang belum mau memeluk agama islam dan padjajaran dibawah kepemimpinannya menjadi salah satu kerjaan terkuat pada masa itu.

Incoming search terms:

Tags: #Sejarah #Teladan #Tokoh

Leave a reply "Kisah Dan Cerita Raden Kian Santang"

Author: 
    author
    Hallo, dapatkan tulisan seputar kata kata bijak, kata mutiara dan kumpulan ucapan terbaru disini, gratis setiap harinya jangan sampai ketinggalan.