Cerita Legenda Jaka Tarub

Cerita Legenda Jaka Tarub - Kisah dari jaka tarub ini dicerita berdasarkan adanya tulisan dalam naskah babad tanah jawi, jaka tarub merupakan seorang tokoh yang lahir dan dibesarkan di desa tarub ada pihak yang mengatakan bahwa jaka tarub merupakan salah satu penguasa dinasti mataram yang kelak dinamakan sebagai Ki Ageng Tarub. Digambarkan bahwa jaka tarub adalah sosok yang ramah dan suka membantu sesamanya sehingga membuat dirinya sangat dihormati oleh rakyatnya sendiri.

Menurut mitos dan cerita yang beredar didalam masyarakat Indonesia terutama masyarakat jawa, jaka tarub memiliki istri seorang bidadari khayangan yang bernama dewi nawang wulan kisah percintaan mereka dipenuhi dengan unsur petaka yang dimana mahadewi khayangan sangat melarang dewi-dewi lainnya untuk menjalin asmara dengan seorang manusia sebab memiliki perbedaan kasta dan drajat.

cerita-legenda-jaka-tarubDewi dewi lainnya yang mengetahui hal tersebut langsung melaporkan kepada mahadewi khayangan bahwa dewi nawang wulan telah melanggar peraturan khayangan karena menjalin hubungan cinta dengan seorang manusia dan harus ditangkap serta dijatuhi hukuman sesuai dengan hukum khayangan yang berlaku. Akan tetapi jaka tarub juga telah mengetahui hal tersebut dan berusaha mati-matian untuk melindungi dewi nawang wulan dari buruan para prajurit khayangan.

Semua usaha yang dilakukan oleh prajurit khayangan tidak membuahkan hasil sama sekali karena kesaktian mereka tidak sepadan dengan kesaktian yang dimiliki oleh jaka tarub terlebih jaka tarub memiliki pusaka panah emas yang dapat berubah menjadi silmuman naga api ketika ia melepaskan busur panahnya ke udara.

Melihat bahwa jaka tarub bukanlah orang biasa para pungawa khayangan mulai merancang sebuah strategi untuk menangkap jaka tarub dan dewi nawang wulan dan akhirnya ditunjuklah raden udara seorang patih dari kerjaan kediri, raden udara dinilai mampu untuk menangkap jaka tarub karena memang ia masih memiliki keturunan dan kekuatan dari kerajaan kediri.

Akan tetapi usaha raden udara untuk menangkap jaka tarub terkendala oleh senjata panah emas yang dimiliki oleh jaka tarub, ia merasa tidak mampu jika harus melawan mereka semua sendirian akhirnya raden udara diberi petunjuk oleh gurunya untuk mengambil panah cakra diatas gunung lawu konon panah cakra ini memiliki kekuatan yang sangat dahsyat yang pernah digunakan oleh dewa krishna untuk melenyapkan para pasukan kurawa pada perang mahabarata dahulu.

Akhirnya setelah mendapatkan panah cakra raden udara langsung bergegas menemui jaka tarub dan mengajaknya untuk bertarung kali ini kekuatan mereka seimbang maka dengan sangat terpaksa jaka tarub melepaskan panah emas saktinya untuk melawan raden udara setelah melihat raden udara yang membawa panah cakra siluman naga api yang ada didalam panah emas tersebut berkata bahwa panah cakra bukanlah lawan tandingnya yang seimbang ia tidak mampu melawan panah cakra.

Namun jaka tarub terus memaksa panah emas untuk melawan panah cakra tersebut dengan dalih ia juga akan ikut membantu melawan raden udara dan panah cakranya tersebut, pertarungan dahsyat terjadi dan akhirnya raden udara yang memenangkan pertarungan tersebut serta panah emas yang dimiliki jaka tarub hancur karena tidak mampu melawan kekuatan dari panah cakra yang dimiliki raden udara.

Setelah pertarungan berakhir jaka tarub melarikan diri dan kembali ke mataram merasa bahwa ia tidak memiliki kepetingan dengan mataram akhirnya raden udara mengurungkan niatnya untuk menangkap jaka tarub dan menyerahkan semuanya kepada mahadewi khayangan, raden udara berkata bahwa dirinya telah berhasil mengalahkan jaka tarub dan tarub sudah tidak memiliki senjata pusakanya lagi.

Terlepas dari itu semua kondisi nawang wulan semakin memburuk ia selalu saja menyebut nama jaka tarub melihat tidak ingin adanya sesuatu yang buruk terhadap dewi dewi khayangan sang mahadewi mengizinkan nawang wulan untuk menikah dengan jaka tarub dan akhirnya mereka berdua menikah dan melahirkan seorang anak perempuan bernama Nawangsih yang kelak akan melahirkan keturunan keturunan baru dinasti mataram.

Itulah sepengal kisah tentang jaka tarub yang beredar dikebanyak masyarakat dan sudah menjadi legenda tersendiri dalam berbagai aksi drama, wayang dan kolosal.

...
Cerita Legenda Jaka Tarub | EC Team | 4.5