Cerita Dan Kisah Perang Bubat

202 views

Cerita Dan Kisah Perang Bubat - Perang bubat atau biasa dikenal sebagai tragedi bubat ini masih menimbulkan banyak pertanyaan baik dari perang bubat versi sunda dan perang bubat versi jawa akan tetapi secara garis besar perang bubat adalah upaya dari Gadjah mada untuk mempersatukan Nusantara dibawah kendali kerajaan besar Majapahit pada masa itu, perang bubat sendiri terjadi pada tahun 1357 masehi yang berlokasi di desa bubat jawa timur.

Sampai saat ini kisah perang bubat diangkat berdasarkan dari dua sumber kita sejarah yaitu pararton dan juga kidung sundayana, perang bubat bermula dari keinginan mahapatih gajah mada yang hendak memersatukan Nusantara melalui sumpah palapa yang ia ucapkan. Gajah mada berkata bahwa ia tidak akan bahagia jika belum mempersatukan Nusantara dibawah kendali kerajaan Majapahit akhirnya Majapahit dibawah komando Gajah mada memulai invansi kepada kerjaan-kerajaan besar lainnya di Nusantara.

gajah-mada

Setelah melakukan invansi besar-besaran upaya Majapahit untuk mempersatukan Nusantara membuahkan hasil akan tetapi upaya Majapahit tersebut belum sepenuhnya terlaksana masih ada satu kerjaan yang belum berhasil ia taklukan yaitu kerjaan Sunda, beberapa kali Majapahit menyerang kerjaan sunda berakhir dengan hasil nihil.

Hingga pada suatu ketika prabu hayam wuruk merubah strategi untuk menaklukan kerjaan sunda yaitu dengan mempersunting putri kerjaan sunda yang bernama dyah pitaloka citraresmi karena menurut hayam wuruk dengan menikahi putri dari kerjaan lawan maka secara otomatis kerajaan tersebut telah menyatu kedalam kendali Majapahit namun lagi-lagi strategi tersebut gagal total.

Yang membuat gagal adalah miskomunikasi antara hayam wuruk dan gajah mada, dengan semboyan palapanya gajah mada masih berambisi untuk menyerang kerjaan sunda dan setelah raja sunda dipanggil oleh hayam wuruk ke Majapahit untuk mengantarkan dyah pitaloka yang akan dinikahi oleh hayam wuruk tragei bubat pun terjadi dengan sangat cepat.

Baca Juga :   Sunan Giri, Kisah Sunan Giri Dalam Walisongo

Ketika rombongan dari kerjaan sunda hendak memasuki wilayah kerjaan Majapahit tepatnya didesa bubat Gajah mada langsung memerintahkan pasukannya untuk menyerang pasukan kerjaan Sunda, raja Sunda pada saat itu yang bernama Linggabuana merasa heran dan tidak mengerti apa yang dilakukan oleh Gajah Mada padahal niat dari kerjaan Sunda hanya mengantarkan putrinya untuk dinikahi bukan untuk perang melawan Majapahit.

Akhirnya dengan jumlah pasukan yang tidak seimbang banyak pasukan dari kerajaan Sunda yang gugur termasuk Raja Linggabuana dan Putri Dyah Pitaloka dan Gajah Mada berhasil menuntaskan sumpah pahlapanya untuk mempersatukan Nusantara.

Prabu Hayam Wuruk yang mendengar kejadian ini sempat marah besar kepada Gajah Mada yang melakukan tindakan tanpa adanya perintah dari dirinya apalagi tindakan seperti itu dinilai tidak tepat bisa menurunkan citra Majapahit karena pada dasarnya memang Majapahit tidak menginstruksikan untuk perang kepada kerajaan Sunda pada saat itu bahkan Majapahit ingin menikahi putri dari kerjaan Sund.

Akibat dari kejadian ini hubungan antara Gajah Mada dan Hayam Wuruk menjadi tidak baik dan pada akhirnya Gajah Mada mengasingkan diri dan menghilang "Moksa" dari struktur kerajaan Majapahit dari kisah dan cerita perang bubat ini memumculkan banyak sekali perselisihan sejarah dan silsilan antara orang Jawa dan Sunda bahkan ada mitos yang mengatakan bahwa wanita sunda dilarang untuk menikah dengan lelaki jawa berlaku juga sebaliknya.

Tags: #Indonesia #Nusantara #Sejarah

Leave a reply "Cerita Dan Kisah Perang Bubat"

Author: 
    author
    Hallo, dapatkan tulisan seputar kata kata bijak, kata mutiara dan kumpulan ucapan terbaru disini, gratis setiap harinya jangan sampai ketinggalan.